GLOBAL WARMING(PEMANASAN GELOBAL)

akibat pemanasan global(global warming)
suhu di bumi semakin panas
Pemanasan global atao sering juga di sebut global warming telah merabah ke seluruh dunia,Global warming sangat berbahaya jika terus terjadi dikarenakan suhu es di kutub akan mencair dan menaiki volume air di laut menyebabkan daratan bisa tenggelam,GLOBAL WARMING atau bisa disebut pemanasan global ini terjadi karena menumpuknya gas co2 yang berada di lapisan Ozon dan gas co2 ini mempunyai sifat reflektor(pemantulan) jika gas co2 sudah mengisi lapisan ozon maka panas yang berada di dalam bumi tidak bisa keluar dan hanya diam di bumi saja maka dari itu masyarakat diseluruh dunia berlomba-lomba untuk menanam pohon agar menghasilkan gas o2 ata bisa disebut gas oksigen.

Efek rumah kaca

Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap airkarbon dioksidasulfur dioksida dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.
Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana gas dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya.
Efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi, karena tanpanya, planet ini akan menjadi sangat dingin. Dengan suhu rata-rata sebesar 15 °C (59 °F), bumi sebenarnya telah lebih panas 33 °C (59 °F) dari suhunya semula, jika tidak ada efek rumah kaca suhu bumi hanya -18 °C sehingga es akan menutupi seluruh permukaan Bumi. Akan tetapi sebaliknya, apabila gas-gas tersebut telah berlebihan di atmosfer, akan mengakibatkan pemanasan global.
DAMPAK ATAU AKIBAT DARI PEMANASAN GLOBAL:

1.IKLIM MULAI TIDAK SETABIL
-para ilmuanmempekirakaan selama pemanasan global suhu daerah bagian utara bumi atau kutub utara     semakin lama semakin mengecil atau tipis dikarenakan banyak es es yang berada di kutub utara meleleh menjadi air atau bisa menjadi GUNUNG ES,
-daerah hangat akan menjadi daerah yang lembap akiba pemanasan global tersebut atau dikarenakan air menguap dari lautan,dan air-air mudah menguap akibat pemanasan global tetapi parta ilmuan masih berdebat apakah kelembaban yang terjadi ini akan menurunkan dampa global warming atau malah semakin meningkat,karena jika uap air terus mengumpul lalu membentuk awan dan sinar matahri akan di pantulkan kembali ke luar angkasa.
2.PENINGKATAN AIR DI BUMI
-penyebabnya adalah  peningkatan suhu di bumi maka terjadila yang namanya PENINGKATAN AIR karena jika suhu di bumi semakin panas maka es es yang berada di bumi mencair dan meningkatkan volume air di bumi yang bisa mengakibatkan daratan bisa tenggelam

3.GANGGUAN EKOLOGIS

Hewan dan tumbuhan makhluk hidup yang sulit menghindar dari efek pemanasan ini karena sebagian besar lahan telah dikuasai manusia. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Akan tetapi, pembangunan manusia akan menghalangi perpindahan ini. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati.
4.Dampak sosial dan politik
Perubahan cuaca dan lautan dapat mengakibatkan munculnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan panas (heat stroke) dan kematian. Temperatur yang panas juga dapat menyebabkan gagal panen sehingga akan muncul kelaparan dan malnutrisi. Perubahan cuaca yang ekstrem dan peningkatan permukaan air laut akibat mencairnya es di kutub utara dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan bencana alam (banjir, badai dan kebakaran) dan kematian akibat trauma. Timbulnya bencana alam biasanya disertai dengan perpindahan penduduk ke tempat-tempat pengungsian dimana sering muncul penyakit, seperti: diaremalnutrisidefisiensi mikronutrien, trauma psikologis, penyakit kulit, dan lain-lain
CARA-CARA ATAU LANGKAH-LANGKAH MENYELAMATKAN BUMI DARI BAHAYA GLOBAL WARMING:
1.dengan cara mengurangi mengeluarkan gas ber emisi tinggi jika bisa kita tidak perlu mengeluarkan gaz yang bersemisi,contoh-contoh benda yang mengeluarkan gas emisi adalah:
                          1.motor
                          2.mobil
                          3.pembakaran sampah secara langsung
                          4.asap pabrik
                          5.asap kendaraan bermotor lainnya
2. dengan cara reboisasi atau bisa disebut penanaman pohon kembali, jika kita menanam pohon atau membuat hutam menjadi lebat maka zat-zat beremisi akan bisa di netralisirkan oleh pohon tersebut karena pohon bisa melakukan fotosintesis.didi perkirakan sekitar l150 tahun ke depan daerah australia akan menjadi gurun atau bisa disebut padang pasir di karenakan di australia lah banyak yang mengeluarkan zat-zat bermisi tinggi karena itu pemerintah australia untuk mengajak masyarakat sadar atas kesalahnnya dan menanam pohon agar bisa di netralisirkan.
SEBAGAI MANUSIA KITA SEHARUSNYA MENGERTI AKAN BAHAYA TERSEBUT DAN MENANAM POHON KEMBALI AGAR BUMI KITA TERSELAMATKAN DARI BAHAYA YANG MENGANCANMNYA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cheat the sims 3 for PC

Input Output Bahasa C

Facebook? kwikku saja!