Yuk Ngoding

Yuk Ngoding;

disini saya akan mensharing ilmu ilmu tentang coding, btw ane juga masih noob jdi jangan di bully ye oke deh 
disini saya menshare yang sangat super duper basic ya wkwkwk jdi yang mastah tolong di komen jiga ada yang salah atau di kasi saran di komentar apa apa saja yang harus saya pelajarin untuk kedepannya
disini saya ngoding menggunakan bahasa c, karena berhubung di matkul programing saya menggunakan bahasa ini, oke lets start it
sekarang saya akan mensharing apa itu header
header itu adalah library, jdi di c itu ada banyak header salah satunya stdio.h
nah contoh deklarasi dri stdio.h adalah scanf dan printf
scanf itu berguna untuk menampilkan peruintah yang kalian tulis untuk di tampilkan di layar
sedangkan printf itu berguna untuk membaca perintah yang anda tulis 
oke sekarang saya akan mencontohkannya :

#include<stdio.h>//ini header ya kawan kawan :)//
int main()// nah ini main fungsi yang berguna untuk menjalankan perintah kalian//
 {
    printf(" hallo dunia");// nah ini perintah yang kalian tulis//
}

nah untuk output nya seperti ini












nah itu salah 1 contoh yang sangat super duper basic jdi menurutku kalian pasti bisa untuk melakukan itu wkwkwkwwkk

nah pasti kalian rada bingung kan kenapa int main kenapa enggak void main kenapa enggak maina(void) atau sebagai macamnya untuk itu pribadi ane jjga kurang ngerti jadi ane skip aje ye wkwkwkw untuk ,mungkin kedepannta akan gue  bahas untuk sekarang belum wkwkwk,
nah  kenapa ada kurung kurawal? , kurung kurawal berfungsi untuk menandakan bahwa kalian menulis perintahnya jdi kayak sebagai lembaran lembaran gitu
sedangkan untuk tanda " itu sama atau mirip mirip lah fungsi nya kayak kurung kurawal hanya dia befungsi di perintah kalian untuk tanda ; berfungsi sebagai artian bahwa kalian sudah selesai untuk 1 perintah yang kalian buat

menurutku kalau kalian para newbee yang sama kayak aku lebih baik belajar mulai header dan focus ke 1 header aja dulu kalau udah mengerti baru ganti ke header yang lain hehe kalau kalian pintar banget dan cerdas sih boleh boleh aja kayak adik kelasku yang super duper hebat kalau di banding aku sih aku bagaikan 1 titik debu eheh kok curhat ya wkwkwk
 nah disini akan mengeksploitasi header c tersebut 
hal yang pertama saya lakukan adalah dengan membuat kalkulator sederhana , yang sangat super duper sederhana

#include<stdio.h>//ini header sayang//
#include<iostream>// ini untuk c++ ya gan soalnya ini library gak ada di c//
using namespace std;
int main ()
{
int a,b,c;//nah ini variable sayang//
cout<<"------------selamat datang di program kalkulator bramasta--------"<<endl;// ini contoh header selain stdio//
printf("\n\t tulis angkamu :");// ini taulah yeee//
scanf("%d",&a);//nahhh ini ntar ane jelasin di bawah//
printf("\n\t tulis angkamu :");
scanf("%d",&b);
c=a+b;// ini rumus gann wkwkwk//
printf("%d+%d=%d",a,b,c);// ini ane jelasin di bawah aja ye//
return 0;// dan ini juga//
}

oke deh , oya ane bru inget wkwkwkw nah kenapa ane nulis // blblblb// nah ini komentar gan jdi ga di baca sama compilernya fungsinya pengingat gitu lah dan dan cara nulis komentar ga cuma // aja kok ada banyak contoh lainnya */ hehe oke lanjut
nah scanf, seperti kata diatas scan f fungsinya untuk memproses data yang kalian tulis nah diatas kan ada tuh %d nah itu berfungsi untuk membaca atau memproses bilangan 0-sekian  lah intinya gak koma soalnya klo koma makai %f untuk contohnya ane kasi di bawah yeee, &a itu fungsinya untuk spasi gitu gan

nah ini nih ane kasi tau contoh lainnya , yg ane buat mencari luas permukaan krucut nah ini kan bilanganya kan ada komanya jdi ane kasi tau aja ye

#include<stdio.h>
int main()
{
const float phi=3.14;
int s,r;
float hasil1,hasil2,hasil3;
printf("tulis (S):");
scanf("%d",&s);
printf("tulis (r):");
scanf("%d",&r);
hasil1=phi*r*r;
printf("%f*%d*%d=%f\n",phi,r,r,hasil1);
hasil2=phi*r*s;
printf("%f*%d*%d=%f\n",phi,r,s,hasil2);
hasil3=hasil1+hasil2;
printf("%f + %f:%f",hasil1,hasil2,hasil3);
return 0;
}
untuk penejlasnya bsk ane lanjutin yaa 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cheat the sims 3 for PC

Input Output Bahasa C