langkah-Langkah menginstal Linux di Laptop dan Impresi Menggunakan Linux

Nama : Made Bramasta Vikana Putra
NIM:1705551096Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana
Pengatar Sistem Teknologi Informasi
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama,ST MT

Halo selamat malam, kali ini saya akan memberi informasi mengenai langkah-langkah menginstal linux di pc kalian , saya menggunakan cara bootable menggunakan bios, saya disini memakai distro Ubuntu

angkah awal adalah sediakan sebuah Flashdisk atau CD kosong untuk di jadikan boot linux nya , saya disini menggunakan aplikasi yang bernama Rufus untuk menjadikan flashdisk saya menjadi boot ubuntu saya.

oke langsung saja disini saya memakai laptop adik saya, berhubung laptop dia terkena virus jadi saya jadikan bahan percobaan saya heheheeh,

                                                   ini laptop adik saya, asus x555dg


             oke pertama  buka rufus kalian dan jangan lupa colokan FlashDisk yang siap digunakan





mncul tulisan seperti di bawah ini , pencet next aja disini rufus ingin melakukan reset FlashDisk kalian, oiya kalau ingin membuat boot device , device kalian harus dalam kondisi kosong jadi jangan lupa untuk memindahkan data data penting kalian dulu ya



                                               proses dimana Rufus sedang mencopy file iso 


nah ini dimana Rufuis sudah selesai membuat boot Ubuntu di FD atau CD kalian  langkah selanjutnya saya colokan Fd ke Laptop adik saya 





nah ini gambar dimana saat mulai menghidupkan laptop, kalian tidak perlu lagi pergi ke bios karena si ubuntu sendiri sudah secara otomatis meberikan kalian pilihan, disini saya pilih instal ubuntu agar mendapatkan impresi full menggunakan linux 


di tunggu saja ini loading


   

                                         nah muncul logo ubuntu disini tahap awal untuk menginstal ubuntu






pemilihan bahasa 




                                                 ini letak proses driver untuk WIFI






pilih lokasi mu






nah ini parisi, mirip seperti windows ,jadi disana saya memakai 261 gb untuk linux




                                                     
                         nah ini dimana disuruh mengisi biodata dan password, mirip seperti windows lah



                                         habis di next, muncul proses instalasim jadi di tunggu ya



nah ini nih Linux nya , sudah siap di pakai



nah untuk ubuntu sendiri, ubuntu telah menyediakan Office sendiri jadi kalian ga perlu lagi membeli Office lainnya





nah ini tab untuk mencari file,apps dan lain lain




nah ini properties linux dan komputer yang saya guinakan



                                                nah ini mirip kayak Data D di Windows





Impresi menggunakan Ubuntu
secara pribadi, kesan pertama saya saat menggunakan Ubuntu itu simple dan ringan , biarpun simpel saya butuh waktu juga untuk terbiasa  menggunakan Ubuntu, karena bukan hanya tempat dan tata letaknya saja berbeda namun short cut short cut nya juga berbeda, lalu lanjut untuk officenya, nah bagusnya Ubuntu juga terletak di sini jadi tidak perlu lagi mengerluarkan uang untuk membeli Office, office disini bernamakan Libreoffice isinya lumayan lengkap yaitu ada word, excel dan powerpoint, untuk browser sendiri bawaan ubuntu adalah firefox yang dimana di Laptop pribadi saya menggunakan firefox juga jadi untuk performanya ga ada bedanya menurut saya, untuk secara garis besar Ubuntu mirip dengan windows hanya saja support untuk Driver nya kurang, seperti saya saat mau memainkan salah satu game saya, terkendala karena driver yang tidak support, driver untuk vga saya juga tidak ada di laman website amd , dan kebanyakan game game saya menggunakan DirectX yang dimana DirectX tersebut di punya oleh windows , menurut saya Ubuntu ini bagus jika di pakai tepat sasaran , maksud saya disini adalah , ubuntu ini di rancang bukan untuk bermain game , Ubuntu juga aman karena tidak rentan terhadap game dan Ubuntu memberikan akses ke penggunananya untuk mengcustomize sendiri Ubuntuknya

sekian ulasan dan langkah langkah instal dari saya


Komentar

  1. bermanfaat bgt gan, karena penjelasan agan saya jadi paham bgt, tengkyu bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih ya gannn, blog nya udah di update kok heheeh

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

cheat the sims 3 for PC

Input Output Bahasa C

Facebook? kwikku saja!