Rangkuman Materi Pertemuan Ke 10 , Teknologi Informasi

Nama : Made Bramasta Vikana Putra
NIM:1705551096Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana
Pengatar Sistem Teknologi Informasi
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama,ST MT

Pada pertemuan minggu lalu pak dosen telah membahas tentang hal-hal yang harus dijelaskan/disajikan oleh masing-masing kelompok yang belum maju.

Untuk semua kelompok yang mendapat giliran maju pasca UTS wajib menyediakan:

1.     File presentasi (ppt/pdf), file makalah(doc/pdf),dan print makalah.

2.     Soal dan jawaban(>=20 soal).

3.     Menyertakan minimal 1 bukti praktek sederhana sesuai dengan topik dan materi yang disajikan.

4.     Menyertakan gambar serta menyertakan sumber gambar tersebut bila diambil dari internet.

5.     Referensi disertakan diakhir presentasi dan di akhir makalah.

6.     Materi/pertanyaan yang belum bisa ditangani, silahkan didiskusikan bersama di kelas.

7.     Semua bahan dari UTS sampai dengan pasca UTS dishare ke 1 kelas sebagai bahan belajar.

Berikut merupakan materi/topik yang nantinya akan disajikan pasca UTS:

1.     Database.

2.     Pemrograman struktural.

3.     Pemreograman berbasis objek(object oriented).

4.     Jaringan komputer(computer network).

5.     Keamaanan di dalam jaringan komputer(network security).



Materi Basis data(database)

harus memuat hal-hal berikut:

1.     Latar belakang munculnya database.

2.     Definisi,ciri,dan syarat sebuah database.

3.     Manfaat adanya database.

4.     Operasi-operasi dasar pada database.

5.     Contoh-contoh penerapan daatbase di beberpa/berbagaibidang kehidupan.

6.     ERD pada database.

7.     (sekilas) teknologi-teknoogi database seperti Warehouse, Big data, Data mining.

8.     Praktek sederhana(minimal 1 buah) contoh: menginstal DBMS dan menggunakannya di OS Linux, membuat database, proses manipulasi data(insert, selete, update,dll). (hint:instal XAMPP LINUX, aktifkan dengan /opt/lampp/lampp start, buka dari web browser dengan alamat http://localhost/phpmyadmin).



Materi Pemrograman Sturuktural

Harus memuat hal-hal berikut:

1.     Definisi program.

2.     Definisi pemrograman struktural(prosedural).

3.     Ciri-ciri pemrograman struktural.

4.     Metode pada pemrograman struktural seperti top down, modular.

5.     Bahasa pemrograman yang mengnai struktural(minimal 1).

6.     Teorema-teorema pada pemrograman struktural (sequence).

7.     Contoh pemrograman struktural(potongan source code/utuh).

8.     Fungsi/manfaat pemrograman struktural bagi pengembang.



Materi Pemrograman Berorientasi Objek

Harus memuat hal-hal berikut:

1.     Definisi program.

2.     Definisi pemrograman berorientasi objek.

3.     Ciri-ciri pemrograman berorientasi objek.

4.     Metode pada pemrograman berorientasi objek seperti class,object.

5.     Bahasa pemrograman yang mengnai berorientasi objek (minimal 1).

6.     Teorema-teorema pada pemrograman berorientasi objek inheritance(pewarisan), encapsurtion(pembungkusan)..

7.     Contoh pemrograman berorientasi objek (potongan source code/utuh).

8.     Fungsi/manfaat pemrograman berorientasi objek bagi pengembang.

Jaringan Komputer

Harus memuat hal-hal berikut:

1.     Definisi jaringan komputer.

2.     Ciri dan syarat jaringan komputer.

3.     Jenis jaringan komputer(wired, wireless).

4.     Cakupan jaringan komputer(PAN,MAN,WAN,LAN,internet).

5.     Manfaat jaringan komputer.

6.     Layer pada jaringan komputer terbaru (aplikasi, transport, network, datalink).

7.     (sekilah) teknologi-teknologi jaringan komputer seperti cloud computing, wireless sensor network, software, define, networking.

8.     Praktek sederhana jaringan komputer(pilih minimal 1): mengetahui IP addresslokal(ifconfig di Linux), mengetahui DMS yang digunakan(cat /etc/resolv.conf), perintah ping( ping alamat-atau-ip).


Materi Keamanan Jaringan Komputer

Harus memuat hal-hal berikut:

1.     Definisi keamanan jaringan komputer(network security).

2.     Manfaat/tujuan keamanan jaringan komputer.

3.     Lima aspek keamanaan jaringan komputer kerahasiaan(confidentiality), ketersediaan(availability), otentikasi(authentication), non repudation.

4.     Cakupan jaringan komputer(PAN,MAN,WAN,LAN,internet).

5.     Tiga aspek keamanan jaringan komputer(sistem,user,kebijakan/policy)

6.     (sekilas) teknologi-teknologi keamanan jaringan komputer seperti cloud computing, firewall, DOS/DDOS.

7.     Praktek sederhana keamanan jaringan komputer(pilih minimal 1) : menggali informasi suatu host(whois alama-atau-ip), meggali informasi sistem suatu host(nmap/nikto host atau-ip).
I Putu Agus Eka Pratama,ST MT; Materi yang harus disajikan/disampaikan oleh kelompok yang akan maju selanjutnya; Senin, 6 November 2017.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cheat the sims 3 for PC

Input Output Bahasa C

Facebook? kwikku saja!